Kamis, 21 Juni 2012

[FOOD] "KEJU"

"KEJU ,(dipinjam dari bahasa Portugis, queijo) adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara. Dari sebuah susu dapat diproduksi berbagai variasi produk keju. Produk-produk keju bervariasi ditentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan. Umumnya, hewan yang dijadikan sumber air susu adalah sapi. Air susu unta,kambingdombakuda, atau kerbau digunakan pada beberapa tipe keju lokal."


macam keju :


fresh cheeses (keju segar)
Cottage cheese, (keju halus hasil didihan susu): rendah lemak dengan tekstur berbulir, sangat cocok untuk ditambahkan ke selada atau saus.



Mozzarella, (mozarela): asli keju Itali memuliki tekstuur ruberi dan lebih keras daripada keju lainnya, menjadi pilihan untuk hiasan pizza.


Ricotta, (ricota): keju beralur dengan kulir lembab halus, digunakan dalam masakan Itali. terutama makanan utama dan hidangan penutup.


Cream cheese, (keju pati susu): dibuat dari krim terkadang dicampur dengan susu, lembut dan sangat mudah disebarkan.




goat's-milk cheeses (keju dari susu kambing)
Chevre cheese, (keju civre): keju segar tanpa kulit yang mengandung rasa lembut yang tajam. Terkadang ditambah rasa dengan tanaman obat.

Crottin de chavignol, (keju krotin): keju lembut Prancis dengan kulit yang ditutupi oleh jamur, dimakan langsung atau dikeringkan dan ketika kering rasanya lebih tajam.


pressed cheeses (keju cetak)
Jarlsberg, (jarlsberg): keju Norwegia dengan lubang besar khas rasa kacang.

Emmenthal, (emental): ciri khas lubang yang besar, keju Swiss yang lembut ini sangat terkenaldalam fonde dan hidangan keju parut.

Raclette, (raclette): keju khusus yang dibuat menjadi hidangan epoonymous tradisonal yang asli dari daerah Valais, Swiss

Gruyere, (gruyere): keju Swiss dengan lubang kecil dengan rasa manis yang sedang.

Romano, (romano): keju dari Roma , beralur kering terbuat dari susu sapi, biri-biri , atau kambing. Terkadang campuran ketiganya. 

Parmesan, (parmesan): keju berbau keras dari Itali dengan tekstur bebulir, dijual dalam bentuk bulat atau parutan. Bahan penambah rasa yang terkenal, khususnya untuk pasta.


blue-veined cheeses (keju berserat biru)
Roguefort, (roguefort): keju biru yang terkenal, berasal dari Roquefort, Perancis. Dari susu biri-biri dan cocok dengan pir, krim, dan mentega.

Stilton, (stilton): keju Inggris dengan tekstur keras tapi berkrim.

Gorgonzola, (gorgonzola): asal dari Itali dab ditandai dengan tekstur abu-abu dan bintik merah.

Danish Blue, (danish blue): asal dari Denmark, mengandung rasa pedas, tekstur yang berkrim mengandung lemak susu hingga 60%. 


soft cheeses (keju halus)
Pont-I'Eveque, (pont-I'Eveque): keju agak lembut dengan bau yang khas. Namanyadidapat dari nama kota Normandia tempat keju ini dibuat. 

Camembert, (kamember): lembut dan mudah disebarkan. Keju Perancis yang paling terkenal. Lebih kecil daripada Brie. 

Coulommiers, (kolumier): asli dari daerah sekitar Perancis. lebih kecil dari Brie mengandung lemak susu sekitar 45% hingga 50%.

Brie, (bri): asli dari Brie, dekat Perancis. Salah keju terkenal di Perancis. Salah satu jenisnya adalah dari Meaux.

Munster, (manster): keju bau yang sangat tajam. Berasal daridaerah Alsace. memiliki tekstur berkrim dan kulit lembab halus.
thankyou,
@dewiristya :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

hi dewiristya ! Template by Ipietoon Cute Blog Design